Sabtu, 22 November 2014

Berlibur Singkat di Palembang, 14 - 16 Nopember 2014

Palembang - Bumi Sriwijaya

Liburan kali ini khusus untuk mengunjungi acara keluarga di Palembang, Sumatera Selatan. Kebetulan aq belum pernah sekalipun ke Palembang.

Namun aq juga sudah merencanakan ke Palembang lagi di bulan Desember nanti untuk menemani teman ada acara di Palembang.

Hari Ke - 1, Jumat Tanggal 14 Nopember 2014

Tiba di Bandara Halim PK dan segera check in, dan pesawat C******k pukul 06.45.WIB membawa kami ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.

Penerbangan menggunakan maskapai anak perusahaan maskapai plat merah dari Bandara Halim PK, kebetulan juga aq belum pernah juga terbang melalui bandara ini. Ternyata karena bandara ini merupakan bandara milik TNI AU dan masih digunakan hinga sekarang maka dipinggir landasan bisa dilihat aneka jenis pesawat dari yang komersial hingga helikopter dan pesawat TNI seperti Hercules bahkan terdapat juga pesawat-pesawat yang pernah jatuh hingga bentuknya ga jelas. Melihat itu semua agak deg-degan juga sih..

Tiba di Palembang sekitar jam 07.45 wib masih pagi dan kami dijemput oleh sepupu langsung ke rumah calon mempelai pria yang merupakan sepupu aq.

Singkat cerita siang itu kami langsung ke acara akad nikah yang dilaksanakan dirumah mempelai wanita.

Selesai acara ternyata kami diajak untuk mencicipi kuliner khas Palembang, apalagi kalu bukan pempek.

Pempek yang kami coba kebetulan Pempek Saga Sudi Mampir, yang lokasinya tepat di depan kantor Walikota Palembang.

Waduuuuhh... Lemak nian rasanya..semua pempek disuguhin dari yang Selam, Lenggang bakar, adaan, selam kecil, lenjer kecil sampai tekwan. Yang ga kalah enaknya dan ga akan lengkap rasanya kalu belum mencoba rasa es kacang merah. Ckckckck... Es kacang merahnya juara. Kacangnya lembut dan tidak terlalu manis.

Balik ke rumah untuk istirahat dan lanjut malamnya untuk keliling-keliling Kota Palembang.

Sorenya baru kami jalan kembali. Tujuan utamanya yaitu Icon kota Palembang apalagi kalau bukan Jembatan Ampera. Ternyata jalan yang melintasi jembatan ini kalau sore menjelang malam hari ini macet.

Dari Jembatan Ampera yang macet itu kami tadinya berencana ke Stadiun Jakabaring namun batal karena sudah hampir maghrib (namun akhirnya kesampaian juga pada saat kunjungan aq ke Palembang lagi di bulan depan) akhirnya perjalanan berlanjut ke Benteng Kuto Besak. Benteng peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam.

Lokasi Benteng Kuto Besak ini tepat dipinggir Sungai Musi dan tidak jauh dari Jembatan Ampera. Diluar Benteng banyak sekali pedagang sepertinya memamng disini tempat hang out masyarakat Palembang.

Didalam Benteng terdapat kantor Kodam II Sriwijaya.

Setelah puas melihat-lihat kami menyempatkan diri untuk sholat maghrib di Mesjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang.

Karena lelah menghadiri acara akad nikah kami memutuskan untuk tidak kemana-mana lagi. Kembali kerumah saudara untuk beristirahat.

Hari Ke - 2, Sabtu Tanggal 15 Nopember 2014

Rencana hari ini kami akan mengunjungi Pulau Kemaro dengan menyusuri Sungai Musi.

Pulau yang merupakan delta kecil di Sungai Musi ini terletak sekitar 5-6 km dari Jembatan Ampera, diantara Pabrik Pupuk Sriwijaya, Pertamina Plaju dan Sungai Gerong.

Mau ga mau untuk kesana harus ditempuh dengan perahu yang dapat disewa sekitar 250 ribu.

Di Pulau Kemaro terdapat Vihara Budha yaitu Klenteng Hok Tjing Rio dengan adanya Pagoda berlantai 9 ditengah pulau dan makam dari putri Palembang yaitu Siti Fatimah dan suaminya yang dari negeri cina. Kisah cinta mereka berdua ini menjadi legenda yang membuat pulau ini menjadi terkenal. Dan ada pula Pohon Cinta yang konon katanya apabila ada pasangan menulis namanya dibatang pohon ini maka hubungan mereka akan langgeng, maka dari itu Pulau Kemaro ini juga disebut Pulau Jodoh.

Seru juga sih meski panas dan agak deg-degan kami mengarungi Sungai Musi ini karena tidak hanya ke Pulau Kemaro saja kami dibawa nakhoda perahu tapi juga sampai ke Sungai gerong, Pertamina Plaju dan Pabrik Pupuk Sriwijaya juga. Di Perahu tidak disediakan life vest dan ternyata arus Sungai Musi yang ternyata deras membuat kami agak khawatir

Akhirnya berwisata di Sungai Musi pun selesai, sambil menunggu mobil kami menyempatkan diri berfoto disekitar dermaga perahu yang tidak jauh dari Benteng Kuto Besak.

Palembang lagi panas-panasnya jadi perjalanan menyusuri Sungai Musi itu membuat aq gosong...hiks

Dari Pulau Kemaro kami melanjutkan kunjungan kerumah saudara kami yang ada di Palembang.

Menjelang Isya kami berencana untuk mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang, apalagi kalau bukan pempek, kerupuk kemplang dan lempok.

Toko pempek yang kami datangi yaitu Pempek Vico yang didepan PIM (Palembang Indah Mall), saat itu kami memesan dahulu dan bayar langsung namun pempek dan lainnya kami ambil besok siangya karena penerbangan kami baru besok sorenya.

Hari Ke - 3, Minggu Tanggal 16 Nopember 2014

Setelah sarapan pagi kami berencana mengunjungi kerabat kami yang lain. Dan ternyata dirumah saudara itu kami disuguhi oleh pempek lagiiii....wow di Palembang ini puas banget kami makan pempek.

Akhirnya waktu kami berkunjung pun sudah hampir selesai. Setelah mengambil pempek yang untuk kami bawa ke Jakarta perjalanan kami lanjutkan ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dan pesawat C******k membawa kami tepat pukul 16.35 wib untuk kembali ke Jakarta.

Well Palembang see u soon in Desember 2015, but before it within 2 days after today, I’ll enjoy Belitung first....bye..bye...