Minggu, 18 November 2012

BOLANG GOES TO JAPAN.. DAY 3 & 4, Shimonoseki (YAMAGUCHI-SHI), Kitakyushu (FUKUOKA), Akiyoshido-Akiyoshidai (MINE CITY)

DAY 3 tgl 11 Nopember 2012

Hujan ringan menyambut kami sesampainya di Stasiun Shimonoseki, Yamaguchi-Shi. Bus tiba 30 mnt lbh awal dr jadwal. Cape sih tapi lmyn bs istirahat alias tidur di bus yg cukup hangat meski diluar dingin sekali. Jam 06.00 sdh tiba di stasiun, msh sepi tp petugas stasiunnya sdh dtg utk bertugas en sdh ada bbrp anak sekolahan yg mau brgkt mnggunakan JR. Pdhl hari Minggu tp jam segitu sdh cukup byk org yg beraktifitas.

Setelah kami sarapan di kursi tunggu stasiun kemudian nitip tas di locker lagi kami berjalan ke terminal bus yg ada dilingkungan stasiun. Udara sangat dingin diluar,  tp tidak menyurutkan kami utk melanjutkan ke Karato Market (Pasar Ikan) dan mnyebrang ke Kitakyushu (Fukuoka).

Sblm Ke Karato Market nyempetin foto2 di depan Gedung Akuarium Shimonoseki, Yamaguchi-Shi..soalnya msh pagi jd belum buka..yo wis ga pa2 deh foto2 didepan gedung en sekitarnya aja.. :) kebetulan Karato Market en Gedung Akuarium dipisahkan oleh dermaga pelabuhan yg cantik dan bersih, cb kl di Muara Angke..oh no baunya itu loh..Apalagi kl disamain dg cuaca saat itu yg gerimis dan luar biasa dingin..basah tp tetap bersih dan udaranya sangat segar..pokoknya pasti beda deh..kapan ya Muara Angke kaya gini.. (amin tetap optimis dlm hati..)

Liat cumi-cumi luar biasa besar en rajungan laut yg cukup besar

Makan sushi asli dari asalnya pertama kali

en liat daging paus yg dijual secara legal

Puas liat-liat Karato Market trus beli tiket penyebrangan seharga kl ga 200 yen apa 390 yen gitu deh sekali nyebrang ke Kitakyushu (Fukuoka) mau ke Mojiko Retro

Udara sangat dingin ditambah hujan gerimis ga membuat kami (terutama aq..) nyerah utk tetap narsis..hehehe

Ngeliat ada kreta jadul wow penasaran gmn rasanya tuh..sekalian kami berencana mau balik ke Shimonoseki tp ga naik kapal lg melainkan lwt Kanmon Tunnel..yaitu Terowongan bawah laut sepanjang 780 m dengan berjalan kaki.

Seru kan..nah utk ke Kanmon Tunnel mau ga mau mmg hrs naik kereta jadul ini..beli tiket seharga 300 yen menunggu 20 mnt akhirnya kami berbaris antri utk naik kreta jadul yg unik ini. Ada petugas yg menjelaskan ttg wisata kreta ini sayangnya dia berbahasa Jepang..well sudah lah nikmatin aja perjalanan ini dg santai..xixixi

Sempat berhenti di bbrp stasiun utk menaikan dan menurunkan penumpang, dan uniknya setiap kali kereta ini berjalan meninggalkan semua stasiun sllu diiringi lambaian tangan para petugas stasiun..mmg slma bbrp hari di Jepang petugas2 disini ramah dan sopan namun semua petugas dan kebanyakan orang2 Jepang baik anak sekolah mau pun pekerja kantoran tidak ada yg bisa berbahasa Inggris. Agak bangga jg sih dg diri sndiri meski bhs Inggris gw trmsk buruk tryta ada yg lbh parah lg..hahahaha..

Melewati pemandangan kota yg indah dan sempat masuk terowongan yg cukup panjang akhirnya kereta ini berhenti di stasiun (?) ga terlalu jauh dr jembatan penghubung Shimonoseki dg Kitakyushu (Fukuoka).

Lokasi stasiunnya indah sayang kl dilewatkan utk foto2 soalnya dipinggir laut or selat.

Jalan sedikit akhirnya kita menemukan juga Kanmon Tunnel yg dimaksud..

Sempet deg2an jg sih koq ada suara2 ga jelas tryta stlh liat gambar, Tunnel utk pejalan kaki tepat dibawah terowongan mobil..ooh pantes ada suara2 ga jelas tryta suara deru mobil. Banyak loh yg berolahraga lari, jalan atau sepeda krn tunnel ini panjang dan lurus.

Keluar dr Kanmon Tunnel berarti kami sdh balik ke Shimonoseki tp bukan ke Karato Market tp sisi lain dr Shimonoseki..pemandangannya ga kalah indah.

Di Jepang WC/toilet umum mudah sekali ditemukan, tp masalahnya utk yg muslim adl tidak ada air ditiap toilet. Jarang sekali yg pakai semprotan baik yg menggunakan Slang atau pun yg muncrat dr bawah. Nah..segitu keluar dr lift Tunnel aq menemukan toilet yg cukup bersahabat krn ada spray air di dudukan toiletnya..dan ada music (suara utk suara flush palsu), pdhl ini bukan termasuk kota besar (pinggiran kota) tp toiletnya bersih sekali dan modern.

Ada meriam2 di taman kota yg tryata meriam ini dipake utk menghalau serangan pasukan asing (kulit putih) dan ada patung utk mengenang  2 shogun hebat yg bertikai pd wktu lampau, yg satu menang dan satunya lg kalah, yg kalah mengikatkan jangkar kapal ke badannya dan terjun ke selat/laut.

Perjalanan bus ga lama tp kami turun agak jauh dr stasiun Shimonoseki krn mau ke taman kota yg banyak merpatinya dan kami mau berjalan kaki melewati pedestrian layang (pedestrian pejalan kaki yg berada diatas jalan raya dan diatas saling terhubung mirip jalanan diatas jalan raya)

Setibanya di terminal bus di stasiun Shimonoseki kami melihat bus double dekker hadiah inggris utk Jepang..foto dulu deh :)

Balik ke Stasiun Shimonoseki-shi utk mengambil tas2 kami selanjutnya naik kereta ke Yamaguchi City dg tujuan stasiun Yuda Onsen (yg ada patung rubah putihnya)

Sampai apato istirahat, menyiapkan tenaga utk besoknya jalan lagi..

DAY 4 tgl 12 Nopember 2012

Yamaguchi City..

Pagi2 bangun benar2 dingin..disini jauh lbh dingin dibanding kota2 sblmnya apa krn lbh berbukit-bukit ya..

Ga mau menyia nyiakan wktu aq slma di Jepang, kami berniat mengunjungi goa alam yg besar dan padang batu alam di Mine City yaitu Akiyoshido-Akiyoshidai.

Berbeda dg di kota2 sebelumnya yg banyak berjalan kaki kl di Yamaguchi City lbh byk menggunakan sepeda maka dimulailah hari2 nggowes.. :)

Kepemilikan sepeda di Jepang sm dg kepemilikan kendaraan jd ga blh sembarangan pakai surat2nya hrs lengkap..kbtln aq pakai sepeda ade sdgkn ade aq menggunakan sepeda tmn seapato..

Kami memarkir sepeda di stasiun Yuda Onsen dan melanjutkan jln ke halte bus terdekat sambil menyempatkan foto2 di taman yg kami lewati.

Selagi menunggu bus yg akan membawa kami ke Akiyoshido, Mine City kami melihat bus dg tujuan Yamaguchi University akhirnya foto2 dulu deh..

Akhirnya bus tiba, stlh mengambil nomor kami duduk, nah jumlah uang yg hrs kami bayar harus diliat di monitor dipaling depan sesuai nomor yg kami pegang.  Perjalanannya cukup jauh, meski hny membawa 6 penumpang bus tdk mengenal kata ngetem.

Akhirnya tiba di Akiyoshido, Mine City tryta biaya perjalanannya sbsr 1.060 Yen.

Mampir ke Tourist Information Center eh kami ngeliat pohon Wasabi..en mnta map dlm bahasa inggris.

Sepanjang jalan menuju ke loket masuk byk trdpt toko2 souvenir dan selalu tampak bersih. Udaranya segar karena mmg berada di pegunungan.

Kali ini masuk lokasi ditraktir ade aq, awalnya dia beli utk dirinya sendiri dg menggunakan kartu mahasiswanya biar dpt diskon kemudian dia beli tiket utk aq pdhl ade aq sdh bil kl aq tuh turis eh sm penjaga loketnya dikasih diskon jg..alhamdulillah rejeki :)

Sambil nunggu masuk nyempetin foto2 dl ah..

Tiket masuk sdh dibeli en dikasih brosur ttg tempat wisata yg kami kunjungi dlm bhs inggris..

Segitu masuk langsung kami menemui pemandangan alam yg luar biasa indah..mgkn di blog kali ini lbh byk foto2 dibandingkan kata2 ya... ;)

Masuk Ke Gua aq lbh takjub lg (ade aq sdh prnh kesini sblmnya..) Besar, luas, dalam, dan ga bs diungkapkan dg kata2. Perasaan aq tuh antara takjub dan terpesona sekaligus ngeri dan takut.

Gelap meski ada penerangan jg, jalanan yg menanjak dg tangga yg tersusun rapi dan bayak batu2 yg berbentuk unik. Ada yg disebut seribu cawan, gunung fuji, king of the cave, golden pilar dll

Akhirnya kami keluar mulut gua jg dan tembus keatas pegunungan.

Untuk ke padang bebatuan alami kami masih melanjutkan berjalan kaki ke atas perbukitan lagi. Tapi meski menanjak ga trllu melelahkan karena udara yg dingin dan alam yg bersih..malah sempet2nya kami fot2 :)

Setibanya dilokasi sekali lagi ga bs diungkapkan dg kata2. Padang ilalang yg unik krn disela sela ilalang muncul batu2 yg bentuknya ga sama.

Belum makan siang, akhirnya kami memutuskan utk maksi ditempat peristirahatan disalah satu puncak bukit, tp perjalanannya cukup lumayan krn melalui jalan setapak yg dikiri kanannya terdapat ilalang yg cukup tinggi namun indah.

Hidangan penutup maksi kali ini adalah puas2in foto..xixixi

Puas foto2 kami jalan lagi tp menurun ga terllu jauh dr atas kami berjalan utk masuk lift turun dan kembali ke  dlm gua..kemudian keluar melalui gua yg tadi.

Melalui gua dan jalan yg sama pd saat masuk tadi akhirnya tiba di terminal bus, dan kembali ke Yamaguchi City. Sesampainya di halte bus td pagi ga jauh dari sana trdpt Onsen (kolam air panas utk merendam kaki), lumayan pegal mengingat kami akan keliling Yamaguchi City utk makan Takoyaki en sushi aq berniat ngademin kaki dulu..

Lumayan lah istirahat sbntr, trus lanjut ke Sta. Yuda Onsen utk mengambil sepeda..eh aq ngliat taksi Prius..wow di kota yg ga besar aja taksinya Prius..ckckck

Mampir nyari Taiyaki tp trnyta tokonya tutup akhirnya diputuskan makan Takoyaki dl di Kappa Sushi cm makan Takoyaki, Ubi goreng lapis karamel en Cheese Cake..knp ga mkn sushi disini jg krn nasi sushinya dicampur mirin..takut ga halal mending ga usah kan..resto sushi disini cukup modern ga ada tuh pelayan yg nyatet pesanan, pesanan lngsng dipesan melalui monitor menu en touchscreen loh, trus piring2 makanan datang dianter melalui miniatur Shinkansen..lucu kan. Kl sdh selesai tinggal pencet lg di monitor mnta bill nya, nah baru deh pelayan nganterin bill nya en kami tnggal byr di kasir...simple ya..

Masih penasaran dg sushi, kami melanjutkan jln2 keliling Yamaguchi City sambil berniat menuju lokasi resto sushi lainnya.

Nyempetin foto di dpn Stadiun Yamaguchi City en taman2 kotanya.

en mampir ke salah satu toko yg memajang replika monster Alien..lucu en kreatif jg ya..

en nemu produk made in Indonesia loh..bangga jg..hehehe

Akhirnya nyampe jg di resto sushi..ga mau melepaskan kesempatan makan sushi di negara asalnya akhirnya kami pesen sushi, miso kerang, udon en tempura udang...waah puasss..

Pulang ke apato dg kenyaaaanngg...

Nyambung lagi ya ke Bolang Day 5 & 6 jangan boseeeennn... ;)