Selasa, 11 Mei 2010

Ala Backpacker @Semarang + Ungaran

Biasanya kl mo jalan2 or traveling yg akhirnya bener2 jadi kl ga direncanain alias dadakan..kl yg direncanain jauh2 hari kdg kala ga jadi..

Nah kejadian ke Semarang tgl. 07 – 09 Mei 2010 ini ga direncanain..en Cuma bedua ma ade gw yg cowo..

Beli tiket dadakan pake kereta Argo Anggrek II (kl II berarti brgkt malem) harga tiket Rp. 265.000,- Berangkat Jumat malam tgl. 07 Mei 2010 jam 21.32, pulang kantor kerumah dulu trus jam 20.00 brgkt dr rumah by taksi. Kebetulan keretanya brgkt dr Gambir on time but….di Jatinegara ada masalah kereta Argo yg “Eksekutif” pun ngalamin gangguan mesin..ckckck..di Jatinegara 2 jam-an ga jalan en bukannya ganti Loko-nya malah di benerin aja..ga efektif deh..huft !! So nyampe Semarang (stasiun Tawang) tgl. 08 Mei 2010 yg seharusnya jam 03.30 molor mpe jam 06.30 untung jalur utara pemandangannya bagus krn m’lewati pantai…

Sebenarnya kl nyampe jam 05.30 sih ga pa2 soalna rencana awal mmg mo jln2 dl sebelum ke Ungaran (ade’ gw mo nghadirin resepsi prnkhn tmnnya)…so b’hubung gw en ade gw blm prnh ke Semarang jd kaya backpacker deh..nyampe lgsung keliling kota tua sekitar stasiun..

Day 1..

Jam 06.30 Nyampe Stasiun Tawang krn narsis pastinya foto2 dulu..keluar ngliat Polder Tawang..foto2 lagi of course..

Ade gw mandi dulu..gue nunggu aja ga berani mandi di tmpat umum..(maklum cewe..hehehe) dah itu foto2 disekitar stasiun (soalna byk gdg2 tua yg keyyeeen) trus ke Gereja Bleduk jalan kaki aja..foto2 lagi...gereja ini direnovasi tahun 1894 oleh W. Westmaas dan H.P.A. de Wilde.

Gereja Immanuel (Gereja Bleduk)

Lanjut ke Mesjid Agung Jawa Tengah (gw singkat jadi MAJT ya..kepanjangan sih) dr Gereja Bleduk setelah tny2 ke orang2 gw hrs jln ke terminal (bayangan) didekat sana..samping kali kecil (b’hubung gw blm pernah ke Semarang jd ga tau nama jln2 yg ada disana)..kata petugas dishub yg jaga disana hrs 2x naek angkot..trus sopir angkot orange (jurusan ke arah jl.Cipto-Citarum) yg kita naiki bilang kl dia mau nganter sampe tujuan kl gw byr Rp. 15.000,-..tentu aja gw lngsung iya-in..(kl ga kita turun di Pom bensin MAJT trus nyambung lg)..Ada yg bil.bisa jg naek angkot kuning jurusan Penggaron-Telogo sari no. 33 byr Rp.3.000,- tp drpd ga jelas mending byr aja deh..

Ternyata ga macet en ga terlalu jauh paling 10-15 menit dah nyampe..segitu turun angkot langsung masuk MAJT.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid ini memiliki auditorium, kantor, perpustakaan, dan toko-toko penjual cinderamata (sayang blm banyak yg buka dan kurang bervariasi brg2 yg dijualnya saran aja hrsnya ada souvenir yg bercirikan MAJT spt gantungan kunci,pin,kipas, tas,sendal,dll yg ada cm kaos en stiker aja dan krg begitu bagus..maaf ya..ade gw cm beli 2 kaos anak2 buat keponakan en stiker harganya msh bs ditawar loh) dan makanan ini diresmikan tahun 2006 di bangun diatas tanah seluas 10 hektar. Masjid ini terlihat sangat megah dan indah perpaduan Timur Tengah dan Jawa dengan plaza yang begitu luas dengan keenam payung raksasa yang biasanya dibuka saat Shalat Jumat seperti Masjid Madinah. Di samping bawah plaza ini terdapat lahan parkir untuk mobil dan kendaraan roda dua yg cukup luas.

Di kompleks MAJT ini juga terdapat bedug raksasa dan tower untuk melihat pemandangan kota semarang dari lantai 19. Untuk mencapai lantai 19, cukup membayar Rp 5000 yang saat turun tiketnya dapat ditukar dengan 3 sachet Marimas.Di lantai 18 terdapat restoran yg bisa berputar (sayang pd saat gw kesana pelayan resto bil.lg rusak jd ga muter) so akhirnya gw mkn bakso kotak komplit..rasanya?...ya spt bakso..trus turun ke lantai 3 en 2 yg ada museum yg menjelaskan perkembangan islam di Jawa Tengah.

Rencana selanjutnya mo ke Ungaran ngehadirin pesta resepsi prnkhn tmn ade gw di gd.DPRD jl.Diponegoro. Nunggu angkot di dpn MAJT (jgn nyebrang) jurusan Kb.Rejo-Citarum-Tejomulyo turun di lmpu merah Cipto (byr Rp.2.500,-) naik bus jurusan Ungaran byr Rp. 7.500,- lewat tol jg loh..cm gw hrs sport jantung neh..busnya ngebut en jlnnya semau gw..(kalah sopr metromini di Jkt...deg2an abizzz..ckckck)

Turun di dpn gd. DPRD, trus nyari Sate Sapi Pak Kempleng yg di Jln.Diponegoro No.274 Ungaran..dan tyta di dpn gd.DPRD persis..unbelievable..so smntra ade gw ke resepsi ,gw pesan Sate Sapi 1 porsi en nasi setengah..tyta dagingnya besar 1 tusuk hrgnya Rp.2.300,- en satu porsi isi 10 tusuk..rasanya euunnaakk kaya mirip dendeng tp empuk..cobain deh kl ke Ungaran, ade gw jg pesan 1 porsi tp b’hubung pny gw ga abiz soalna msh kenyang krn mkn bakso kotak, gw bungkus aja tuk sore..(lmyn ngirit buat mkn sore..hehehe)

Next destination is..Pagoda Kwan Im atau Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong...

Wihara Avalokitesvara Buddhagaya Watugong

Dari Sate Sapi Pak Kempleng nyebrang nunggu angkot or bus..gw pilih angkot kuning yg lwt duluan (byr Rp.2.500,-) tyt ga nyampe pagoda akhirnya nyambung angkot kuning lg didpn pasar Bandrjo (byr Rp.2.500,- lg..).

Turun dr angkot pas didepan Pagoda yg terletak di lereng bukit di jl. Perintis Kemerdekaan atau di depan markas Kodam Diponegoro. Untuk masuk ke tempat ini tidak dipungut biaya alias gratis yg penting ijin ma’ penjaganya tp ga diijinkan foto didalam pagoda..ada batu berbentuk Gong (sayang ga di foto)

Terdapat patung dewi kwan im dan budha yg bersemedi di bwh pohon Beringin (..?) dan Pagoda bersegi delapan dan tinggi 45 m..bagus banget bangunannya dikelilingi patung dewi kwan im. Ada jg patung Budha sdg tidur mnghadap samping..dan mnrt info disini akan dibangun patung budha yg tertinggi di Indonesia.

Selanjutnya balik ke Semarang..nyebrang dr wihara naik bus ¾ ke arah semarang via jl. Pemuda or Imam Bonjol (turun di Tugu Muda) Semarang byr Rp.3.000,- (lwt Jl. S.Parman-Soetomo) menuju hotel Merbabu Jl. Pemuda samping Mall Paragon persis en dpn Istana Wedang.

Semarang

Nyampe di Tugu Muda Semarang foto2 dl di dpn jalan Tugu Muda en Lawang Sewu..jln kaki ke hotel tyt lmyn jg cuapenya soalna dah siang en panas banget..kebetulan Semarang baru aja ngerayain hari jadinya tgl. 2 Mei jadi rame banget hari Sabtu ini..byk anak SMA 3 yg lg ada acara en lwt dpn Balaikotanya yg byk polisi..

After Check in di Hotel Merbabu langsung istirahat di kamar. Istirahat sebentar...kl gw mandi, kan seharian jln . Dari tiba di stasiun Tawang gw blm mandi (cuek aja yg penting semprot parfum byk2..hehehe).

Kamarnya lmyn bersih ada AC-nya en kamar mandinya cukup bersih, ada pemanas airnya ...gw pesan 1 kmr standar sehrga Rp.240.00,- per malam yg twin bed..ga pa2 lah gw kan kakak ade ini kebetulan gw bw copy KK (jaga2 kl ada razia..secara kan KTP gw satu alamat ini..hehehe)

Sorenya..ke Lunpia Express Jl. Gajahmada (by becak byr Rp.10.000,-). Gw pilih 1 lunpia isi crab Rp.13.000,- en 1 rasa original Rp. 9.000,- plus lemon tea Rp.9.000,-.kenyangnya poll.....setelah itu mo ke Simpang Lima en Jl. Padanaran mo ke Bandeng Juwana nyari oleh2..naek angkot jurusan (Johar-S.Lima-Sumpang)..tyta di Simpang Lima rame bgt ada acara SCTV jadinya langsung nyari oleh2..dari Bandeng Juwana naik becak Rp. 10.000,- ke hotel. Malamya ke Mall Paragon (mall ini baru dibuka) liat2 aja sih eh ketemu batik lmyn cantik..hehehe..dr situ ke Istana Wedang..sgl wedang ada..ada jg mknn ala Indonesia,Eropa en China..gw pilih wedang lengkeng sehrg Rp. 9.000,- en mkn Galantine (sejenis daging cincang halus yg dipadatkan bbntuk kotak en dikasih kuas agak2 manis gurih) hrgnya lupa tp ga trllu mahal..

Trus..balik ke Hotel..istirahat deh

DAY 2...

Sarapan di cafe Hotel Merbabu..gw pilih 1 slice roti+meisis en ngeracik1 porsi bubur ayam. Ade gw pilih 1 slice roti+selai nanas en nasi goreng plus lauk pauk..btw pagi2 dah disuguhin rawon loh..minumnya kita pilih teh hangat..(ada jg kopi en buah2an sih)

Pagi2 berangkat ke Tugu Muda..didepan Lawang Sewu foto2 didepannya (ga bs ke dlm krn under construction) ga pa2 deh..trus nyebrang ke Tugu Mudanya..tyta rame banget..

Rencana selanjutnya ke Klenteng Sam Poo Kong alias Klenteng Laksamana Cheng Ho..

Klenteng Sam Poo Kong

Bisa jg disebut Klenteng Gedung Batu, tepatnya berada di jl. Simongan 129, Bongsari, Semarang Selatan. Dari Tugu Muda gw naik taksi ekspres ke arah RS Karyadi, dr persimpangan RS Karyadi belok kanan en trus aja..tyta ga jauh byr taksi cm Rp. 8.000-an

Masuk Klenteng Rp. 3.000,- tuk tamu lokal en Rp.10.000,- tuk asing.

Lokasi Jl. Simongan Semarang
Pemilik : Yayasan Klenteng Sam Po Kong Gedung Batu
Penggunaan : Tempat Pemujaan Sam Po Tay Djien

“ Komp.Klenteng Sam po Kong Gedung batu terdiri atas sejumlah anjungan. Bangunan pemujaan utama ialah Klenteng Besar dan gua Sam Po Kong, Klenteng Tho Tee Kong : tempat – tempat pemujaan Kyai Juru Mudi, Kyai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi dan mbah Kyai Tumpeng. Klenteng Besar dan gua merupakan bangunan yang paling penting di antara semuanya , dan merupakan pusat seluruh kegiatan pemujaan di komplek tersebut. Gua yang memiliki mata air yang tak pernah kering ini dipercaya sebagai petilasan dan dibangun sebagai duplikat tempat yang pernah ditinggali Sam Po Tay Djien ( Zheng Ho ),yang telah roboh. bangunan klenteng meerupakan bangunan tunggal beratap susun. Berbeda dengan type klenteng yang ada di Pecinan, klenteng ini tidak memiliki serambi atau balai gerbang yang terpisah. Pada bagian tengah terdapat ruang pemujaan Sam Po. Gua batu sebagaimana tersebut di atas terdapat di dekatnya. Facade gua berlukisan sepasang naga dengan bola api yang terletak di tas ambang pintu masuk yang sempit.

Klenteng Tho Tee Kong atau Toapekong Tanah atau Ho Tek Tjin Sin yang terletak di belakang pintu gerbang, merupakan yang paling populer. Di kalangan masyarakat yang agraris, Dewa Bumi ini sangat dihormati dan selalu dimintai berkahnya. Klenteng Cap Kauw King, tempat pemujaan Tho Tee Kong pula, berkaitan dengan klenteng ini. bangunan klenteng ini sudah berubah dari aslinya. Semula berupa bangunan beratap pelana dengan bubungan melengkung dan teritisan yang disosorkan. Kini bangunan tersebut seperti sebuah anjungan beratap limasan dengan bidang atap dan bubungan yang dilengkungkan ke atas. Penutup atap yang semula genteng telah diganti dengan seng bergelombang. Tidak pula dijumpai serambi seperti pada klenteng di Pecinan. Tempat pemujaan Kyai Jurumudi dipercaya sebagai makam Wang Jing Hong, wakil Zheng Hoo dalam pelayarannya. Bangunan makam merupakan bangunan sederhana beratap pelana. Pintu masuknya terletak di tengah dan di kedua sisinya terdapat jendela bundar. Di bawah kedua jendela bundar terdapat lukisan berwarna yang mengisahkan perjalanan pelayaran Sam Po. Anjungan Kyai Jangkar memiliki tiga altar, yaitu altar Hoo Ping, yaitu para pelaut dan pembantu Zheng Ho yang gugur pada saat menunaikan tugasnya; altar Nabi Kong Hu Cu di tengah; dan altar pemujaan mbah Kyai Jangkar di sebelah kanan. Anjungan Kyai Cundrik Bumi merupakan petilasan tempat anak buah Zheng Ho menyimpan segala macam senjata. Sedangkan anjungan Kayi Tumpeng yang terletak di ujung selatan komplek dipercaya sebagai tempat anak buah Zheng Ho bersantap pada masa lalu. Bangunan ini sekarang dipakai untuk bersemedi atau menyepi.

Komplek Sam Po Kong dipercaya sudah berdiri sejak abad ke-15, setelah kedatangan Sam Po Tay Djien (Zheng Ho) di Jawa dengan mengemban misi menjamin persahabatan. Pendataran tersebut dilakukan di pelabuhan yang pada awal abad ke-15 terletak di Simongan. Setelah lompatan sejarah sekian lama maka pada bulan Oktober 1724 diadakan upacara besar-besaran sebagai ungkapan terima kasih kepada Sam Po Tay Djien yang telah melindungi penduduk dari mara bahaya, sekaligus memperingati pendaratannya. Dua puluh tahun sebelumnya diberitakan bahwa gua yang dipercaya sebagai tempat tinggal Sam Po dulu runtuh disambar petir. Tak berselang lama gua tersebut dibangun kembali dan didalamnya ditempatkan Sam Po dengan empat anak buahnya yang didatangkan dari Tiongkok. Pada perayaan tahun 1724 tersebut telah ditambahkan bangunan emperan di depan gua.

Perbaikan pertama disusul oleh perbaikan kedua pada tahun 1879 yang diprakarsai dan dibiayai oleh hartawan Oei Tjie Sien (ayah Oie Tiong Ham) yang telah mengambil alih pemilikan kawasan tersebut dari Hoo Yam Loo, pemegang pakta madat yang merugi. Tidak begitu jelas apa saja yang ditambahkan pada pemugaran krdua ini, hanya setelah selesai maka komplek tersebut dibuka untuk umum. Pada tahun 1937 atas prakarsa Lie Hoo Soen komplek Sam Po dipugar kembali. Kali ini diadakan beberapa penambahan, yaitu gapura, taman suci dan selasar (Pat Sian Loh) yang menghubungkan Klenteng Sam Po dengan makam Kyai Jurumudi. Listrik masuk ke komplek Sam Po pada zaman pendudukan Jepang dan selanjutnya komplek tersebut dalam keadaan tidak terawat. Namun pada tahun 1950 kembali diadakan perbaikan dengan membuat gapura baru dari beton agar lebih kokoh , taman bunga di halaman belakang klenteng dengan dua buah paseban yang diberi nama Wie Wan Ting dan Tiang Lok Ting serta dua buah pat kwa ting (gasebo berbentuk segi delapan).

Setelah terlantar kembali dua dasawarsa maka pada awal tahun delapan puluhan diadakan penyempurnaan kembali komplek tersebut dengan mengutamakan gerbang klenteng dan ruang pemujaan lain, sarana akomodasi dan lain-lain. Sumber http://semarang.go.id”

Sebenarnya tuk masuk ke lokasi klenteng hrs byr lg Rp.20.000,- tuk wisatawan lokal en Rp.30.00,- tuk asing..tp krn msh pagi en gw ga tau hrs byr lg, gw masuk aja en foto2 mngkn di kira gw mo sembahyang (scr kt org gw mirip sodaranya Laksamana Cheng Ho..alias bermata sipit..hehehe). Tapi kl cm mo foto ada batas sucinya (kaya di mesjid) ga blh foto ke dlm bangunan klenteng. B'hubung gw muslimah ya..gw ga sembahyang cm foto2 diluar bangunannya aja..hehehe

Rencana selanjutnya mo ke Museum Muri Jamo Jago di Jl. Setia budi. Naik taksi kosti dari Klenteng Sam Poo Kong Rp. 30.000,- tp sayang setiba disana museumnya tutup krn hari bukanya Senin-Jumat jdnya kita cm foto2 di depan aja..kecewa sih tp mo gmn lg..pdhl kan yg dtg ke museum byk di hari libur...hiks

Balik dr museum naek bus Rp. 5.000,- seharusnya Rp.3.000,- ..gw dikasih tau warga sana kl naik bus di Semarang hrs uang pas kl ga nti ga kembali..gw sih pengen ngebuktiin tyta iya hrs uang pas..krn dah cape en kecewa krn ga msk museum gw males nagih kembaliannya biar aja deh tuh kondektur ambil rezeki yg ga halal (kecil mau pun besar uang haram teteup uang haram dosanya sama..setuzzuuu..?)

Sampe di hotel siap2 balik ke Jakarta lagi. Rencananya mo beli paket nasi langi di Istana Wedang tyta kl hr minggu ga buka so nyari bekal buat mkn siangnya di Mall Paragon beli paket ayam penyet di resto Bakso Lapangan Tembak..(ada di Semarang jg loh..). Jam 12.00 hari minggu kereta Argo Anggrek tiba di Sta. Tawang Semarang dari Sta. Pasar Turi Surabaya hrg tiket pulang Rp.228.000,- yg udah dibeli di Gambir.

So pren... gitu deh cerita gw jalan2 dadakan ala backpacker di Kota Semarang en Kab. Ungaran Jateng. Semoga bermanfaat deh tuk yg baca..