Senin, 25 April 2011

Malang and Segara Anakan @ Pulau Sempu ( Sempu Island) - Malang Selatan (South Malang) " Amazing Journey" Part 2

Sambungan dr http://completelyasia.blogspot.com/2011/04/malang-and-segara-anakan-pulau-sempu.html

Lanjut ke....

DAY 2.... tgl 23 April 2011

Bangun pagi2 krn rencananya akan dijemput jam 07.00 wib, di hotel kita disediakan menu sederhana yaitu nasi goreng en teh plus kopi panas. Lumayan lah buat ngganjel perut..hehehe

Sebelum brngkt kita foto2 dulu terutama di dpn hotel en gedung2 yg ada disekitar hotel.

Jemputan kami dtg on time en b'hubung prjlnn dr Malang ke Pantai Sendang Biru mmkn wktu sktr 2 jam kita disediakan snack (lunpia, bolu kukus ubi ungu, en naga sari) utk prjlnn ke Pulau Sempu..btw thax 4 the lunpianya ya..enak loh.

Danau Segara Anakan @ Cagar Alam Pulau Sempu

Pulau yang terletak di malang selatan tepatnya berada di selatan Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pulau ini tidak berpenduduk dan hanya terdiri dari hutan berbukit yg sebagian besar adalah hutan mangrove. Pulau sempu memiliki sebuah danau yaitu segara anakan, danau ini merupakan danau pasang surut air laut yang indah.

Setiba di Pantai Sendang Biru, Mas Heri mnyediakan sepatu boot ttp tidak dg kaos kaki. Sebenarnya Mas Heri sdh mngingatkan utk memakai kaos kaki agar kaki tidak lecet ttp krn smlm kita plngnya sdh mlm en tdk sempet mmbeli jd ya t'paksa pakai boot tanpa kaos kaki.

Sementara Mas Heri m'ngurus perijinan - krn tdk blh smbarang org msk ke Pulau Sempu - kita sbg cewe2 narsis tdk mmbuang kesempatan utk b'foto ria.

Setelah urusan perijinan beres kita mnyebrang dg mnggunakan perahu sewaan yg kita sewa dr Bpk en ibu Mamiek.

Mereka ckp t'kenal di Pantai Sendang Biru. Harga sewa en urusan pbyrn di Pulau Sempu kita ga tau brp krn sdh diurus oleh Tour guide kita cm sptnya sih utk perahu sktr Rp 100 rb utk brngkt en kmbali (hrs tau no. contact personnya utk ngjemput plng nntinya). Selain itu kl yg blm prnh ke Pulau Sempu siap2 aja dgr ceramah dr penjaga or pemberi ijin krn dgn ceramah panjang lebarnya ujung2nya diminta bea masuk sktr Rp 50 rb per 4 org. Kita2 aja disuruh beli 2 botol air mineral yg katanya mngandung oksigen dan utk energi seharga @ Rp 3.500,-...??

Sampai di Teluk Semut kita disuguhin pemandangan teluk yg unik krn di sekeliling pulau trdpt pohon bakau or mangrove cukup indah.

Turun dr perahu kita ketemu rombongan yg br turun or keluar dr hutan en lg mmbersihkan diri. Cukup kaget jg sih koq segitu kotornya. Ternyata mnrt bu mamiek kmrn en 2 hr sblmnya Pulau Sempu diguyur hujan lebat en trekking yg akan dilalui cukup berat.

WOOOOWWW...tp krn sdh terlanjur nyampe kita ga mau dunk balik lg tanpa hasil so lanjut maaaannggg...

Ternyata benar tracknya LUAR BIASA berat..medannya berlumpur dan curam. Sepanjang prjlnn kita ketemu rombongan yg mau keluar en msk ke Danau Segara Anakan. Dan setiap rombongan yg mnanyakan kita apakah mnginap sllu takjub dg jwbn kita yaitu tidak..kita PP..hah!

Krn kita masuk hutan sdh siang jd mrk heran..benar saja track yg cukup berat itu mmkn wktu sktr 3 jam utk mencapai danau Segara Anakan (kl ga abiz hjn alias track kering kata mas heri bs cm 1 - 2 jam) dan yg plg lambat utk trekking adl AKU ;-) ....xixixi

Tapi itu sepadan meski kaki gw, Dewi en Mas Heri Lecet (Regie ga lecet krn pakai kaos kaki) ternyata hsl browsing en searching di internet ttg Danau ini ga bualan semata...Danau Segara Anakan ini INDAH SEKALEEE....

Hasil foto2 kita ini sayangnya bukan dr kamera profesional tp cm camdig en BB aja meski begitu keliatan kan keindahan danaunya...

Tiba di danau sktr jam 13.30 wib en kita ngliat byk tenda2 didirikan trnyta byk rombongan yg mnginap di Pulau Sempu, selain wisatawan lokal kita ktemu wisatawan dr Rusia sekitar 9 or 13 org.

Krn tdk menginap maka kita ga trllu lama abis foto2, bersihin + ngobatin kaki yg luka2 krn lecet en mkn siang kita lngsng siap2 balik. Kita pulang lwt jalur yg sama, kebetulan ada sepasang remaja yg ingin pulang bareng kita dan tdk menginap.

Brngkt jam 15.30 wib gw en dewi memutuskan tdk memakai sepatu boot krn lecet en sakiiiiit sekali akhirnya kita be-2 nyeker alias b'telanjang kaki utk balik ke Pantai Sendang Biru. Rombongan kita jadi ber-6.

Sebenarnya pd saat di danau gw dah curiga ngliat awan mendung, makanya gw tnya mas heri jgn2 turun hjn, tp tryta di danau ga hjn taaappiii.... di hutannya hujan.

Maka track pulangnya jaaauuuuuh LEBIH BERAT drpd track datang..mana abiz hujan, yg tadinya berlumpur mjd LEBIH BERLUMPUR ditambah ga make boot...kebayang ga lambatnya trekking kita...so dr jam 15.30 wib kita jl s.d. 18.30 wib kita jalan. Lebih hebatnya lagi selain sudah GELAP GULITA tidak seorang pun dr kita yg bawa senter...hebat kan!!

Untung mas heri bw hape yg ada senternya..akhirnya pelan tp pasti kita tetap jalan..Tour guide kita tuh ga nyangka bakal seberat ini medannya, dia biasa trekking ke Semeru en Ijen dlm keadaan abiz hujan en dia sendiri bilang kl perjalanan kali ini 5X lbh berat drpd itu semua...HAH!!!

Selama turun or perjlnn keluar hutan kita ketemu rombongan en kita saling mmberikan spirit..kebetulan rombongan dr Rusia itu jg PP jdnya rombongan kita bertambah lg krn ktemu diperjalanan pulang.

Rombongan Rusian ini berisik sekali tp justru dg bertambahnya org smakin menjauhkan binatang2 hutan dr kita. Selama perjalanan plng gw dah bnr2 kaya org buta krn ga ngliat jln. Dewi en Regie tough girls banget deh, dijalan sllu didpn sdg gw perlu bantuan mas heri en cowo dr pasangan yg bareng kita (maaf mba cowonya aq mntain bantuan terus..hehe). Yg plg ditakutin tuh kl kita nginjek or megang ular cobra en tuh ular matuk kita...wah gawat ney...kata mas bryan stlh nyampe sebrang, pd th 1991 dl prnh ada penyeludupan ratusan ular cobra tp bhasil digagalin jd ularnya dibuang di cagar alam Pulau Sempu...wow!!

Selain ular tryta di Pulau Sempu katanya msh ada MACAN KUMBANG hitam en msh ada 4 ekor..alamak!! untung ga ktemu. Kl monyet iya banyak soalnya gw jg liat pas trekking siang mau ke danau, tp macan kumbang!! oh noooo....

Setelah menempuh perjalanan keluar hutan yg cukup menegangkan, menyakitkan en melelahkan tentunya...rombongan kita yg banyak itu dikejutkan dg surutnya air Teluk Semut. Alhasil kita hrs jln lg jauh ke arah laut utk naik perahu, sktr 200 m. Jalan ke perahu jg cukup menyakitkan kaki soalnya selain licin jg banyak karang tajam, akibatnya...kaki kita dah ga karuan bentuknya apalagi gw en dewi yg nyeker....amppuuuuunnn deh....

Sebegitu naik perahu perasaan ini legaaaaaaa sekaleeee, saking capenya kita di perahu ga ngobrol sdkit pun. Paling foto2 sbntr dah itu diam kecapean...

Nyampe sebrang kita mampir ke rumah bu mamiek utk mandi en makan mie instan. Ngobrol dg bp mamiek eh ada rombongan lg dtg sdh jam 21.00 wib yg mau ke danau Segara Anakan. Selain Danau Segara Anakan, di Pulau Sempu jg trdpt pantai2 yg msh asri en indah, sayang kita ga smpet mmpir ke pantai2 itu. Kita jg bs menaiki bukit untuk menikmati lereng curam dan laut lepas Samudra Hindia tp ini ga disarankan loh. Sumber air dr danau ini berasal dr Samudera Hindia yg masuk lewat karang bolong yg ada di danau.

Perjalanan dr Pantai menuju hotel ga terasa soalna kita tertidur dg pulasnya...xixixi

DAY 3.. tgl 24 April 2011

Bangun tidur pegel semua badan en perih serta nyeri akibat luka2 di kaki. en kita dijemput utk ke Surabaya jam 05.00 wib utk ngejar kereta Argo Bromo Anggrek yg jam 08.00 wib di stasiun Pasar Turi Surabaya.

Diperjalanan kita melewati Porong, itu loh lokasi lumpur Lapindo yg terkenal itu. Sayang kita ga mampir soalnya nguber waktu jd cm bs ambil gambar dr dl mobil aja. Subhanallah ga kebayang itu dulunya bbrp desa en skrg tenggelam mjd danau lumpur yg luas. Samar2 di kejauhan t'lht asap mengepul en itulah sumber malapetakanya.

Sesampainya di Surabaya kira2 2 jam perjalanan dr Malang (kl ga macet) kita brencana cari sarapan pg di dkt2 stasiun. Kita kllng Tugu Surabaya eh ga ada yg jual makanan yg kita mau, mmg sih ada pasar kaget tp ga ada yg bs dimakan krn kbtln gerimis.

Akhirnya kita memutuskan sarapan di kereta aja, akhirnya tibalah saat berpisah dg Malang, Pulau Sempu en Surabaya..nyampe deh di Stasiun Pasar Turi Surabaya...

Di kereta isenk2 ngejepret hsl trekking di Pulau Sempu, ini loh hasilnya.. :)

en isenk2 jg ngjepret pmndngn Pantura dr kereta.. xixixi sambil mikir kapan lagi bs ke Pulau Sempu...tapiiiii dg catatan ga musim hujan.

Liburan kali ini benar2 ga terlupakan dr awal keberangkatan yg membuat deg2an s.d. hasil liburannya yg benar2 "membekas".

Thax 2 mas heri en mas bryan..

Saran aja :
  • pastikan kondisi fit
  • Kl mau back packer ke Pulau Sempu, usahakan dr pg telah tiba di Pantai Sendang Biru en yg mghadap penjaganya yg cowo aja en berpengalaman nglobi..
  • Kl bisa nginap or camp di Segara Anakan biar lbh puas en bisa liat2 pantai lainnya.
  • bawa anti nyamuk, air putih yg byk, mkn siap saji, senter, obat luka, pake boot en kaos kaki, obat pegel2, snack yg nambah stamina kaya coklat,dll
  • Hp bisa dibawa tp hny sampai setengah perjalanan dr Teluk Semut ke dlm hutan aja bs dipakainya..tp temen gw bs nelpon di Segara Anakan pake I*****t
  • Kl ga mau susah kaya kita bs pake tour guide dr wisata malang http://arematravel.com/ or http://wisatamalang.indonesiatravel.biz/biaya-tour/paket-wisata-malang/malang-pulau-sempu/